•
Tokoh-tokoh Teori Behavioristik
•
Teori belajar menurut Edward E. Lee Thorndike.
Belajar adalah proses interaksi
antara stimulus dan respon. Stimulus adalah apa yang merangsang terjadinya
kegiatan belajar seperti pikiran, perasaan, atau hal-hal yang dapat di tangkap
melalui alat indera.sedangkan respon adalah reaksi yang dimunculkan peserta
didik ketika belajar, yang dapat pula berupa pikiran, perasaan, atau
gerakan/tindakan. Jadi perubahan tingkah laku akibat kegiatan belajar dapat
berwujud konkrit, yaitu yang dapat diamati, atau tidak konkrit yang dapat
diamati.
•
Teori belajar menurut Watson
Watson mendefinisikan belajar
sebagai proses interaksi antara stimulus dan respon, namun stimulus dan respon
yang dimaksud harus dapat diamati (observable) dan dapat diukur. Jadi walaupun
dia mengakui adanya perubahan-perubahan mental dalam diri seseorang selama
proses belajar, namun dia menganggap faktor tersebut sebagai hal yang tidak
perlu diperhitungkan karena tidak dapat diamati. Watson adalah seorang
behavioris murni, karena kajiannya tentag belajar disejajarkan dengan ilmu-ilmu
lain, seperti fisika atau biologi yang sangat berorientasi pada pengalaman
empirik semata, yaitu sejauh mana dapat diamti dan di ukur.
•
Teori belajar menurut Clark hull
Clark Hull juga menggunakan variabel
hubungan antara stimulus dan respon untuk menjelaskan pengertian belajar. Namun
dia sanggat terpengaruh teori evolusi charles darwin. Bagi Hull, seperti halnya
teori evolusi, semua fungsi tingkah laku bermanfaat terutama untuk menjaga agar
organisme tetap bertahan hidup. Oleh sebab itu Hull mengatakan kebutuhan biologis
(drive) dan pemuasan kebutuhan biologis (drive reduction) adalah penting dan
menempati posisi sentral dalam seluruh kegiatan manusia, sehingga stimulus
(stimulus dorongan) dalam belajar pun selalu dikaitkan dengan kebutuhan
biologis, walaupun respon yang akan muncul mungkin dapat berwujud macam-macam.
Penguatan tingkah laku juga dalam terori ini, tetapi juga dikaitkan dengan
kondisi biologis (bell, gred ler 1991).
•
Teori belajar menurut edwin guthrie
Hal yang paling utama adalah hukum
kontiguiti yaitu gabungan stimulus-stimulus yang disertai suatu gerakan, pada
waktu timbul kembali cenderung akan diikuti oleh gerakan yang sama (bell, gred
ler, 1991) hubungan antara stimulus dan respon bersifat sementara, oleh karena
dalam kegiatan belajar peserta didik perlu sesering mungkin diberi stimulus
agar hubungan stimulus dan respon bersifat lebih kuat dan menetap. Ghuthire juga percaya bahwa hukum
(punishment) memegang peran peting dalam proses belajar. Hukuman yang diberikan
pada saat yang tepat akan mampu mengubah tingkah laku seseorang. Saran utama
dalam teori ini adalah guru harus dapat mengasosiasi stimulus respon secara
tepat.siswa harus dibimbing melakukan apa yang harus dipelajari. Dalam
mengelola kelas guru tidak boleh memberikann tugas yang mungkin diabaikan oleh
anak (bell, gredler, 1991).
•
Teori belajar menurut skinner
Hubungan antara stimulus dan respon
yang terjadi melalui interaksi dengan lingkungannya, yang kemudian menimbulkan
perubahan tingkah laku tidak lah sesederhana yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh
sebelumnya. Respon yang diberikan ini memiliki konsekuensi-konsekuensi.
Konsekuensi-konseuensi inilah yang nantinya yang mempengaruhi munculnya prilaku
(slavin,2000). Oleh karena itu didalam memahami tingkah laku seseorang secara
benar harus, memahami hubungan antara stimulus yang satu dngan yang lainnya,
serta memahami konsep yang mungkin dimunculkan dan berbagai konsekuensi yang
mungkin timbul akibat respon tersebut. Skinner juga mengemukakan bahwa dengan
menggunakan perubahan-perubahan mental sebagai alat untuk menjelaskan tingkah
laku hanya akan menambah rumitnya masalah sebab setiap alat yang digunakan
perlu penjelasan lagi, demikian seterusnya.
Skinner membuat tiga
asumsi dasar yaitu:
•
Prilaku itu terjadi menurut hukum (behavior can be
kontrolled)
•
Skinner menekankan bahwa prilaku dan kepribadian manusia
tidak dapat dijelaskan dengan mekanisme psikis seperti ID atau Ego
•
Prilaku manusia tidak ditentukan oleh pilihan individual
Tidak ada komentar:
Posting Komentar